Selasa, 04 Juni 2013

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSISIONING LAUNDRY Q



SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSISIONING LAUNDRY Q

1.      Segmentasi
Ø  Geografis : Indonesia ada dua musim, 1) Panas. 2) Hujan., jika musim panas tiba pasar pun masih tetap stabil, apalagi musim hujan, Omset bisa sangat naik karena waktu yang digunakan untuk mengeringkan baju cukup waktu yang lama, sedangkan di laundry membutuhkan durasi lima sampai sepuluh menit untuk mengeringkan pakaian,
Ø  Demografis :
 A),       usia, jenis kelamin ukuran dan siklus hidup, agama ras,generasi kebangsaan :   dalam bisnis laundry, selagi manusia masih memakai pakaian, dan pakaian pun masih bisa kotor, bisnis tersebut masuk dalam segmentasi apapun, baik itu
B)         pendapatan : UIN merupakan kalangan mahasiswa yang mempunya rata rata pendapatan orang tuanya menengah keatas, dan ini sangat potensial untuk bisnis tersebut,mengingat terdapat banyak kesibukan yang melilit mahasiswa dan dosen.
Ø  Karakteristik, kelas social dan gaya hidup: pendapatan di lingkungan UIN menengah keatas, sehingga rasa gengsi itu masih ada, disitu banyak peluang bagi para pemasar.
Ø  Perilaku : a) pengetahuan : jasa Laundry merupakan jasa yang sangat dibutuhkan untuk eringankan beban aktifitas mahasiswa dan dosen
B) Respon : respon positif, dengan adanya jasa tersebut meringankan beban aktifitas mahasiswa dan dosen.
2. targeting
Dari analisa yang sudah ada, lingkungan UIN malang membutuhkan kepraktisan,
Single segmen contentration : Target dari laundry Q mahasiswa Universitas Islam negeri maulana malik Ibrahim malang,
3.Posisionong
 a) Kajian terhadap konsumen : value yang ditawarkan Laundry Q adalah SUCI, karna kesucian merupakan faktor utama dalam beribadah.
b) kajian terhadap kapabilitas perusahaan : lokasi yang digunakan laundry Q tidak potensial, mengingat jaunya dari target pasar, hanya mengandalkna pihak pemasar untuk bisa antar jemput dan melayani konsumen.
c) kajian pada pesaing : keunikan yang kami pakai melalui pewangi yang khas. Yang tak dimiliki oleh laundry laundry yang lain.
d) kajian terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan  bisnis : perubahan perubahan laundry Q engikuti perubahan situasi dan kondisi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar