SEGMENTASI, TARGETING, DAN
POSISIONING LAUNDRY Q
1. Segmentasi
Ø Geografis :
Indonesia ada dua musim, 1) Panas. 2) Hujan., jika musim panas tiba pasar pun
masih tetap stabil, apalagi musim hujan, Omset bisa sangat naik karena waktu
yang digunakan untuk mengeringkan baju cukup waktu yang lama, sedangkan di
laundry membutuhkan durasi lima sampai sepuluh menit untuk mengeringkan
pakaian,
Ø Demografis :
A), usia,
jenis kelamin ukuran dan siklus hidup, agama ras,generasi kebangsaan : dalam bisnis laundry, selagi manusia masih
memakai pakaian, dan pakaian pun masih bisa kotor, bisnis tersebut masuk dalam
segmentasi apapun, baik itu
B) pendapatan : UIN merupakan kalangan mahasiswa yang mempunya
rata rata pendapatan orang tuanya menengah keatas, dan ini sangat potensial
untuk bisnis tersebut,mengingat terdapat banyak kesibukan yang melilit
mahasiswa dan dosen.
Ø Karakteristik,
kelas social dan gaya hidup: pendapatan di lingkungan UIN menengah keatas,
sehingga rasa gengsi itu masih ada, disitu banyak peluang bagi para pemasar.
Ø Perilaku : a)
pengetahuan : jasa Laundry merupakan jasa yang sangat dibutuhkan untuk
eringankan beban aktifitas mahasiswa dan dosen
B) Respon : respon positif, dengan
adanya jasa tersebut meringankan beban aktifitas mahasiswa dan dosen.
2. targeting
Single
segmen contentration : Target dari laundry Q mahasiswa Universitas Islam negeri
maulana malik Ibrahim malang,
3.Posisionong
a) Kajian terhadap konsumen : value yang
ditawarkan Laundry Q adalah SUCI, karna kesucian merupakan faktor utama dalam
beribadah.
b) kajian
terhadap kapabilitas perusahaan : lokasi yang digunakan laundry Q tidak
potensial, mengingat jaunya dari target pasar, hanya mengandalkna pihak pemasar
untuk bisa antar jemput dan melayani konsumen.
c) kajian
pada pesaing : keunikan yang kami pakai melalui pewangi yang khas. Yang tak
dimiliki oleh laundry laundry yang lain.
d) kajian
terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis : perubahan perubahan laundry Q
engikuti perubahan situasi dan kondisi yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar